Bupati Buka Akreditasi RSUD Panglima Sebaya

TANA PASER- Dalam rangka  meningkatkan pelayanan, tim surveyor Komisi Akreditasi  Rumah Sakit (KARS) lakukan penilaian akreditasi versi 2012 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya Tanah Grogot.

Sebelum melakukan akreditasi di rumah sakit plat merah ini, tim surveyor KARS yang terdiri dr Sutopo Kirian SP BTKV/MARS, dr Elviana MARS dan Ns Umi Aisyiyah Skep MB M Kep, dilakukan upacara pembukaan oleh Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi, Selasa (7/11).
            Pembukaan akreditasi yang digelar di Aula Buen Kesong Lantai 2 RSUD Panglima Sebaya,  dihadiri Wakil Bupati HM Mardikansyah, Setda Paser AS Fathur Rahman dan Asisten Umum Arief Rahman selaku dewan pengawas RSUD Panglima Sebaya.
            Yang menarik, pembukaan akreditasi persi 2012 yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr Dewa Made Sudarsana dan sejumlah pejabat Pemkab Paser, jajaran dokter dan tenaga perawat, diwarnai dengan penyampaian yel-yel akreditasi RSUD Panglima Sebaya  dengan dikomandoi langsung Direktur RSUD Panglima Sebaya dr Ida Bagus Ngurah Eka Wesnawa SPO.
            Direktur RSUD Panglima Sebaya Ida Bagus Ngurah Eka Wesnawa mengatakan, peningkatan pelayanan di rumah sakit adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dalam meningkatkan mutu pelayanan.
            “Akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali oleh lembaga independen baik dalam maupun luar negeri berdasarkan standar akreditasi yang berlaku di Indonesia,” kata Eka.
            Menurutnya, pengajuan survei akreditasi kepada tim KARS telah dilakukan sejak  tanggal 4 September  2017,  dan berbagai upaya dilakukan dalam rangka persiapan survey akreditasi mulai dari pengiriman staf  mengikuti workshop dan pelatihan yang diadakan KARS  dan mengundang nara sumber dari berbagai rumah sakit serta pelatihan internal, studi banding beberapa rumah sakit, pelatihan untuk standar dan audit secara internal.
            “Kami mohon dukungan dan doanya. Jika memang ada kekurangan, mohon kritikan dan sarannya, kami akan segera tindan lanjuti dalam peningkatan mutu dan keselamtan pasien,” ucap dokter spesialis bedah ini.
            Untuk diketahui, dengan dilakukannya akreditasi dengan status RSUD Panglima Sebaya yang kini masih berstatus tipe C, akan naik ke kelas tingkat paripurna. RSUD di wilayah  Kaltim yang berstatus akreditasi paripurna yakni Balikpapan dengan RSUD Kanudjoso Djatiwibowo, Samarinda dengan RSUD AW Sjahranie, Kutai Kartanegara (Kukar) dengan RSUD Aji Muhammad Parikes. (har-humas)

 

by : humas paser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *